BERITA
Nomor Identitas Pegawai (NIP) baru PNS
Senin, 23 Maret 2009 00:00
Sebagai tindak lanjut dari Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Nomor 22 Tahun 2007 tentang Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil, telah diterbitkan oleh BKN Surat Keputusan NIP baru PNS lingkup Deparemen Kehutanan secara bertahap.

Sampai saat ini Biro Kepegawaian telah menerima SK NIP baru PNS Dephut sebanyak 16.735 PNS, dan telah didistribusikan keseluruh unit kerja kepegawaian di masing-masing eselon I dan Pusat-pusat  lingkup Sekretariat Jederal  Dephut.
Untuk memastikan apakah NIP baru anda sudah keluar/ belum Anda dapat mengecek pada link download area yang dibawah ini. 
Apaabila anda belum menerima SK NIP baru tersebut dapat ditanyakan langsung kepada Bagian Kepegawaian di unit eselon I masing-masing.
Amati dan perhatikan apakah NIP baru yang ada pada SK tersebut sesuai atau tidak dengan data/ identitas anda, dengan pola sebagai berikut :
8 digit pertama adalah tahun, bulan tanggal kelahiran anda, 6 digit berikutnya adalah tahun dan bulan pengangkatan sebagai CPNS, 1 digit setelah itu adalah kode jenis kelamin anda
(1 = laki-laki, 2 = perempuan), sedangkan 3 digit terakhir adalah nomor urut yang  ditetapkan oleh BKN.
Contoh : Hendra Gunawan, A.Md.
 Lahir 14 September 1981, TMT CPNS adalah 1 Januari 2005, jenis kelamin laki-laki, maka NIP barunya adalah ; 19810914 200501 1 001 (001 adalah nomor urut yang dikeluarkan oleh BKN).
Apabila terdapat kekeliruan dalam penetapan penulisan NIP baru anda (khusus untuk 15 digit pertama) maka laporkan segera koreksi tersebut kepada Bagian Kepegawaian eselon I masing-masing yang dilampirkan dengan dokumen pendukungnya, serta SK NIP baru yang salah tersebut. 
Daftar Konversi NIP baru yang sudah dikeluarkan SK nya oleh BKN sampai saat ini ( 13 April 2009) , untuk lebih jelasnya bisa didownload pada link Download Area yang telah disediakan.